Selasa, 17 Desember 2013

Suarez semakin tak terbendung


           Liverpool kembali melanjutkan tren positif mereka, dengan kemenangan 5-0 atas Tottenham Hotspur, pada matchday 16 Premier League di White Hart Lane, (15/12). Luis Suarez kembali tampil tak terbendung menghadapi The Lily White. Dua gol yang dicetaknya, plus dua assist untuk Raheem Sterling dan Jon Flanagan, serta satu gol Jordan Henderson melengkapi pesta The Reds di utara London.
            Sejak pertandingan dimulai, tuan rumah Spurs langsung menekan skuat besutan Brendan Rodgers, baik dengan maupun tanpa bola. Namun tim tamu yang bermain lebih sabar justru berhasil tampil merepotkan dengan trio Suarez, Philippe Coutinho dan Sterling.
Pada menit ke-16 Suarez mengancam gawang Liverpool, meski sempat dijatuhkan di depan kotak penalti. Sembari menjatuhkan diri, ia melepas tendangan yang masih bisa diblok lini belakang Spurs. Dan gol pembuka di laga ini tercipta dua menit berselang.
            Melalui serangan yang dibangun dari lini belakang, Michael Dawson sempat mampu menghadang bola, sebelum direbut kembali oleh Henderson dan memberikannya kepada Suarez. Dengan sekali kecoh, Suarez tak kesulitan mencetak gol ke-16 miliknya musim ini. Unggul lebih awal membuat Liverpool perlahan memegang kendali pertandingan. Sejumlah peluang kembali tercipta, di antaranya dua tendangan beruntun dari Coutinho yang masih menerpa mistar, dilanjutkan sepakan Glen Johnson yang melambung tipis.
            Spurs beberapa kali sempat membalas, salah satunya sundulan Nacer Chadli yang belum menemui sasaran. Dan di tengah kebuntuan lini depan tuan rumah, Liverpool justru kembali berhasil menambah keunggulan jelang babak pertama berakhir. Henderson kali ini menjadi aktor yang menggandakan skor, setelah lewat serangan balik ia sudah berhadap-hadapan dengan kiper Hugo Lloris. Setelah dua percobaan berhasil dihentikan, sepakan ketiga yang dilakukan Henderson membuat gawang Spurs bobol untuk kali kedua.
            Gol Henderson pada menit ke-40 tersebut rupanya menjadi yang terakhir di babak pertama. Pasalnya hingga 45 menit usai, skor 2-0 untuk tim tamu tidak berubah. Di babak kedua, Spurs memberi ancaman cepat lewat sepakan Roberto Soldado. Sayangnya di tengah upaya untuk memperkecil ketinggalan, Spurs justru harus bermain dengan 10 orang, setelah Paulinho mendapat kartu merah, dengan kuota pergantian pemain yang telah habis. Sepakan ke dada Suarez memaksanya keluar lapangan lebih awal.
            Unggul jumlah pemain membuat Liverpool kian nyaman melancarkan serangan. Beruntung penampilan Lloris yang cukup baik membuat gawangnya tak banyak kebobolan. Namun benteng tersebut akhirnya terpaksa kembali jebol di menit ke-75. Flanagan yang menerima bola hasil penetrasi dan diakhiri crossing Suarez, melakukan tendangan first time dan menghajar gawang Lloris untuk kali ketiga. Sekali lagi Liverpool mencetak gol lewat skema serangan yang apik. Skor 3-0 bagi Liverpool tak bertahan lama, karena menit ke-84 Suarez mencatatkan nama di papan skor untuk kali kedua. Mendapat through pass dari Luis Alberto, Suarez mengecoh Lloris dengan tendangan lob, dan mengubah skor menjadi 4-0.
            Satu menit menjelang pertandingan usai, Sterling turut menyumbangkan gol setelah mendapat umpan dari Suarez dan berhasil lolos dari jebakan offside. Ia pun dengan mudah menaklukkan Lloris dalam duel satu lawan satu.Skor 5-0 bagi kemenangan tim tamu akhirnya tersaji di White Hart Lane. Dengan hasil ini, Liverpool kembali merangsek ke posisi dua dengan 33 poin, sementara Spurs terpaksa melorot ke posisi tujuh dengan 27 poin.
Starting line up kedua tim:
Tottenham Hotspur: Lloris; Walker, Capoue, Dawson, Naughton (Fryers 46'); Paulinho, Sandro (Holtby 30'), Lennon, Dembele (Townsend 61'), Chadli; Soldado.
Liverpool: Mignolet; Johnson, Skrtel, Sakho, Flanagan; Lucas (Alberto 79'), Allen, Henderson; Sterling, Coutinho (Moses 90'); Suarez.

Statistik Tottenham Hotspur - Liverpool:
Shots: 9-20
Shots on goal: 0-10
Penguasaan bola: 43%-57%
Pelanggaran: 17-15
Corner: 2-9
Offside: 0-4
Kartu kuning: 3-0
Kartu merah: 1-0 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar