Jumat, 06 Desember 2013

NELSON MANDELA PROMOTOR BATIK KE DUNIA

Meski batik Indonesia telah dikenal di penjuru dunia. Namun ketika dikenakan oleh tokoh internasional yang dikenal perjuangannya sebagai seorang revolusioner anti-apartheid dan politisi Afrika Selatan, Nelson Mandela, batik menjadi semakin istimewa.
Menurut Duta Besar RI untuk Afrika Selatan Sugeng Rahardjo pada tahun 2008, Mandela kenal batik pada tahun 1990, beberapa bulan setelah ia keluar dari penjara Pulau Roben.
Ia pernah menghadiri konferensi APEC di Bogor tahun 1994 dengan mengenakan kemeja batik khas Indonesia. Di antara sekian banyak koleksi batik yang ia kenakan, salah satu perancangnya adalah Iwan Tirta, perancang batik terkenal di Indonesia yang meninggal 31 Juli 2010. 

Setelah itu, pada acara-acara resmi seperti peluncuran asosiasi mantan pemimpin dunia, The Elders Juli tahun 2007, Mandela sering terlihat mengenakan kemeja batik Indonesia.
Acara tersebut diadakan bertepatan dengan ulangtahun ke-89 Mandela yang merupakan tokoh veteran perjuangan anti-apartheid. Hari ini, Jumat (6/12) Nelson Mandela meninggal dunia di Johannesburg, Afrika Selatan di usia 95 tahun. (Eno)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar